Kamis, 14 April 2011

AKHLAK MULIA

Berikut beberapa model contoh pembinaan dan pene-rapan praktik pembiasaan akhlak mulia yang bisa diterapkan da-lam kehidupan siswa.
1. Akhlak mulia di sekolah.
Pembiasaan akhlak mulia di sekolah meliputi berpakaian bersih, rapi dan menutupi aurat sesuai dengan peraturan sekolah, mengucapkan salam setiap kali bertemu dengan kepala sekolah, guru dan teman. Berjabat dan mencium tangan guru. Berkata lemah lembut dan sopan kepada semua warga sekolah. Membiasakan berkata dan berprilaku jujur dan amanah. Bersegera masuk kelas ketika bel telah berbunyi. Turut serta menjaga keamanan, ketenangan, ketertiban dan kebersihan serta keindahan sekolah. Tidak membolos.
2. Akhlak mulia di rumah
Pembiasaan akhlak mulia yang dapat diterapkan dan diamalkan dalam kehidupan siswa di rumah meliputi ; membersihkan dan merapikan kembali tempat tidur setelah digunakan. Membiasakan berdo’a saat hendak dan bangun tidur. Membiasakan menggosok gigi sehabis makan, sebelum dan setelah bangun tidur. Membantu sebagian pekerjaan orang tua. Berpakaian rapi, dan menutupi aurat. Berucap salam pada setiap kali masuk dan keluar rumah. Berjabat dan mencium tangan orang tua setiap kali mau pergi ke sekolah, pulang sekolah atau bepergian ke tempat lain. Ikut serta merawat dan memelihara tanaman dan hiasan di lingkungan rumah. Menjaga ucapan dan perbuatan yang tidak baik dan dapat menyinggung perasaan orang tua, kakak dan adik, sehingga tidak menimbulkan perselisihan. Berlaku hemat dari setipa kali meng-gunakan uang.
3. Akhlak mulia di masyarakat
Pembiasaan akhlak mulia yang dapat dterapkan di masyarakat meliputi ; berperilaku ramah, sopan dan santun terhadap tetangga, baik yang sudah dewasa ataupun yang masih kecil. Berkata dan berbuat jujur dan amanah kepada anggota masyarakat. Menolong tetangga dan orang lain yang mendapat kesusahan. Menghargai tetangga yang beragama lain. Turut aktif dalam kegiatan dan organisasi remaja masjid dan karang taruna. Tidak menyetel radio / tv terlalu keras. Tidak mengambil hak orang lain Tidak terlibat dalam tawuran. Peduli terhadap kaum dhuafa, fakir, miskin, anak terlantar dan anak jalanan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More